IMG_20240126_065658

Pemkab Labuhanbatu Melaksanakan Rapat Pembentukan APSAI

IMG_20230329_122259

Sepindonesia.com | LABUHANBARU – Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) menggelar rapat pembentukan Asosiasi Perusahaan Sahabat Anak Indonesia (APSAI) Kabupaten Labuhanbatu tahun 2023 di Aula Platinum Hotel Rantauprapat, Jl. Ahmad Yani, Kecamatan Rantau Utara, Selasa (28/03/2023).

Agenda ini langsung dipimpin oleh staf ahli Bupati Jumingan,SE. Dalam pidato sambutan yang disampaikan oleh Jumingan,SE menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah berkewajiban dan bertanggung jawab dalam penyelenggaraan perlindungan anak di daerah yang diwujudkan melalui Kabupaten Layak Anak (KLA) dengan mengintegrasikan komitmen dan sumber daya pemerintah masyarakat dan dunia usaha secara menyeluruh dan berkelanjutan ke dalam kebijakan program dan kegiatan pemenuhan hak anak.

Baca Juga :

Kapolda Sumut Ungkap  Kematian Bripka Arfan Dengan Transfaran 

Polsek Tebing Ungkap Kasus Tindak Pidana Curanmor

“Dunia usaha yang tergabung dalam APSAI diarahkan untuk melaksanakan penyelenggaraan perlindungan anak melalui 3P yaitu Policy, Produk, dan Program. Artinya ada kebijakan perusahaan yang berperspektif anak, produk yang ditujukan untuk anak harus aman bagi anak dan berkontribusi dalam pemenuhan hak anak melalui tanggung jawab sosial perusahaan (CSR)”.

Saat ini APSAI telah terbentuk di 19 provinsi 58 Kabupaten/kota dan beranggotakan 1440 perusahaan anggota di seluruh Indonesia.
Tujuan APSAI dibentuk untuk bisa memastikan sinergi dunia usaha dengan program pemerintah dalam mewujudkan Kota atau Kabupaten layak anak. APSAI juga didukung oleh organisasi-organisasi perlindungan anak, seperti UNICEF, Save The Children, dan sebagainya”jelas Jumingan.

Masih dalam pidato sambutan Bupati, Jumingan menyampaikan bahwa Kabupaten Labuhanbatu telah 4 kali mendapat penghargaan sebagai kabupaten layak anak tingkat Pratama yaitu pada tahun 2015,2018, 2021, 2022. Hal ini menunjukkan bahwa masih banyak yang harus dipenuhi dan dibenahi dalam mewujudkan Kabupaten Labuhanbatu Layak Anak.

KLA adalah hal yang sangat penting untuk diwujudkan dalam rangka mempersiapkan generasi yang tangguh, yang akan meneruskan masa depan bangsa kita ke depan. Oleh karena itu 4 pilar KLA yaitu Pemerintah, Masyarakat, Dunia Usaha, dan peran Media harus bersinergi dalam kebijakan program dan kegiatan menjamin pemenuhan hak dan perlindungan anak.

Semoga dengan terbentuknya APSAI Kabupaten Labuhanbatu tersedia wadah bagi dunia usaha di Kabupaten Labuhanbatu untuk saling bersinergi dan seiring jalan dengan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu dalam pemenuhan hak dan perlindungan anak di Kabupaten Labuhanbatu,”tutup Jumingan.

Kepala DPPPA Tuti Noprida Ritonga mengatakan dengan terlaksananya kegiatan ini semoga kedepannya ada sinergi yang baik, dan apa yang sudah kita sepakati hari ini bisa kita laksanakan bersama sesuai komitmen kita bersama untuk meningkatkan prestasi anak-anak kita di Kabupaten Labuhanbatu.

Acara dirangkai dengan penyampaian dan pemaparan materi yang disampaikan oleh Mentor Gender Mainstreaming and Children dra.Hj.Marhamah Siregar,M.Si yang diundang dari Provinsi Sumatera Utara.

Turut hadir dalam acara, Perwakilan perusahaan-perusahaan di wilayah Kabupaten Labuhanbatu, Perwakilan Perangkat Daerah, Forum Anak Labuhanbatu.(Red)

pt sep gambar

Pelaku Pemalsu Plat Dinas TNI Ditangkap

Sepindonesia.com | JAKARTA – Pelaku pemalsu plat dinas TNI yang viral beberapa waktu lalu telah ditangkap, upaya yang dilakukan oleh…

Read More...

Polres Tanah Karo Terima Kunjungan Kerja Kapolda Sumut

Sepindonesia.com | KARO – Polres Tanah Karo menerima kedatangan Bapak Kapolda Sumatra Utara, Bapak Irjen Pol. Agung Setya I.E, S.H.,…

Read More...

Kapoldasu : Jadilah Polisi Yang Harum, Baik, Dan Dapat Dipercaya 

Sepindonesia.com | KARO –  Kapolda Sumut, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, S.H., S.I.K., M.Si bersama rombongan PJU Polda Sumut…

Read More...

Kepala UPRS VII Dinas Perumahan dan Pemukiman DKI Jakarta resmikan Masjid Al Muqarrobin 

Sepindonesia.com | JAKARTA –Masjid adalah tempat suci bagi umat Islam yang berfungsi untuk melaksanakan shalat dan berbagai macam ibadah lain….

Read More...

Danrem 032/Wirabraja Kunjungan Kerja Ke Solok

Sepindonesia.com | PADANG – Komandan Korem 032/Wirabjara, Brigjen TNI Rayen Obersyl melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke rumah Wali Kota Solok…

Read More...

Danrem 023/KS Pimpin Sidang Parade Cata PK TNI AD Gel I Ta. 2024

Sepindonesia.com | SIBOLGA – Komandan Korem 023/KS, Kolonel Inf Lukman Hakim pimpin langsung sidang parade calon tamtama Rabu (17/04/2024) Dalam…

Read More...

Pengurus PWI Pusat Kurang Harmonis Dengan Penasehat Paska Kasus Dugaan Korupsi Dana Hibah

Sepindonesia.com  | JAKARTA – Organisasi wartawan tertua PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) kini retak di dalam. Pengurus PWI Pusat tidak harmonis…

Read More...

Kapolres Labuhanbatu Berangkatkan  Personel BKO Brimob Kembali Ke Poldasu 

Sepindonesia.com | LABUHANBATU – Berakhirnya Ops Ketupat Toba 2024 tanggal 16 April lalu, Kapolres Labuhanbatu melepas BKO Brimob dari Polres…

Read More...

Pelaku Pembunuhan Di Desa Pematang Seleng Berhasil Ditangkap Polisi 

Sepindonesia.com | LABUHANBATU – Tim Gabungan Sat Reskrim Polres Labuhanbatu, Unit Reskrim Polsek Bilah Hulu dan Polsek Na IX-X berhasil…

Read More...