IMG_20230411_213522

LSM TAWON Akan Surati PT. Evans group Tentang Plasma 20% 

IMG_20230526_200922
Advertisement

 

Sepindonesia.com | LABUHANBATU – Perkebunan PT. Evans group diduga bergabung beberapa perusahaan perkebunan yaitu PT. Pangkatan Indonesia, PT. Sembada Senna Maju dan PT. Bilah Plantindo, perkebunan ini lokasinya di beberapa Desa, kecamatan di Kabupaten Labuhanbatu  sumatera utara.

Diduga luas lahan HGU perusahaan perkebunan tersebut dikuasai/usahai puluhan ribu hektar luasnya.

Hasil investigasi tim LSM TAWON atas nama Ramses Sihombing menjelaskan perusahaan Evans group dengan PT. Pangkatan Indonesia bermitra dengan data calon peserta petani plasma badan hukum koperasi Pangkatan Makmur Lestari   pada tahap satu seluas 161,02 hektar untuk peserta 91 orang namanya, ditahap dua luas 247,94 hektar dan pesertanya 138 orang, lokasi plasma tersebut terletak di Desa Kampung Dalam Kecamatan Bilah Hulu Kabupaten Labuhanbatu.

Adalagi kata Ramses. S “penetapan petani plasma peserta pembangunan perkebunan kelapa sawit dan pembelian tandan buah segar kelapa sawit pola kemitraan antara PT. Bilah plantindo dengan koperasi Anugrah keluarga mandiri di Kabupaten Labuhanbatu, seperti di Desa kampung dalam ada petani plasma peserta pembangunan perkebunan kelapa sawit 73 orang/peserta dengan luas 170,750 hektar ditambah di Desa kampung Padang kecamatan pangkatan seluas 38,70 hektar untuk peserta 25 orang, terakhir di Desa Bangun Sari Kecamatan Bilah Hilir seluas 8,370 hektar dari jumlah seluruh nya adalah 217,190 hektar.

Baca Juga :

PT.Pangkatan Indonesia Dan BPN Berikan Edukasi Buruk Bagi Masyarakat

PT.Pangkatan Indonesia Pasang Patok Merah Di Jalan Umum Dan Tanah Masyarakat

Tambahnya, diduga ada kejanggalan luas lokasi plasma, peserta petani plasma dan surat tanah SHM dan SKT yang menjadi kemitraan plasma dari HGU perkebunan tersebut ucapnya.

Advertisement

Berdasarkan undang undang dan peraturan lainnya, sebagai sosial kontrol LSM TAWON akan menyurati perusahaan tersebut tentang pembangunan kebun masyarakat sekitar seluas 20% dari luas lahan HGU perkebunan, tutup Ramses.S.

Terpisah pimpinan manajemen perusahaan Evans group inisial (Y) saat dikonfirmasi,”Jika tidak tepat sasaran coba tanya ke dinas pertanian aja,  apakah melanggar regulasi atau tidak, balasnya lewat WhatsApp wartawan pada kamis (25/5/23).

Dinas pertanian Kabupaten Labuhanbatu bagian analis pasar hasil pertanian inisial (YN) Jumat (26/5/2023) saat dikonfirmasi mengatakan, “acuan pertama adalah undang undang nomor 39 tahun 2014 tentang perkebunan, dan salah satu turunan nya Permentan, HGU harus membangun plasma kemitraan dengan masyarakat, sebutnya.

Belum lama ini berdasarkan informasi masyarakat mengatakan,”memang disini ada dibangun kebun plasma PT. Pangkatan pak, tetapi kami masyarakat disini tidak dapat, entah orang mana peserta Plasma nya.

Setahu kami kebun itu katanya milik keluarga haji inisial S warga Dusun Siluang Desa Gunung Selamat Kecamatan Bilah Hulu.

Ditempat berbeda dilokasi plasma, akunya sebagai pekerja saat di konfirmasi menyebutkan, “ini kebun inisial haji S pak, ini luas, kalau yang merawat dan memupuknya adalah PT. Pangkatan, ucapnya.

Humas PT.Pangkatan inisial (IR) membalas konfirmasi media, menyampaikan “PT pangkatan sudah melaksanakan amanat permentan nomor 26 tahun 2007 tentang pembangunan kebun plasma. Pola kemitraan yang di bangun dengan bermitra dengan pemilik lahan dalam wadah koperasi. berdasarkan surat sertifikat yang di keluarkan negara, balasnya Rabu (24/5/2023).

Berita ini dikirim ke redaksi tim terus menelusuri tentang pembangunan kebun plasma masyarakat sekitar perkebunan. (tim)

Advertisement
FB_IMG_1675675952730

Kapolres Labusel, Hadiri Pengukuhan Irjen. Pol. Prof. Dr. H. Dadang Hartanto, S.H., S.I.K., M.Si sebagai Guru Besar 

Advertisement Sepindonesia.com | MEDAN – Kapolres Labuhanbatu Selatan, AKBP Catur Sungkowo, S.H., M.H., menghadiri undangan dalam Pengukuhan Irjen. Pol. Prof….

Read More...

Diduga Manager Dan APK PTPN III KANAU Markup Biaya Sewa Wisma 

Advertisement Sepindonesia.com | LABUHANBATU – Diduga sewa Wisma / Aula yang di sampaikan oleh Management PTPN III Kebun Aek Nabara…

Read More...

Satres Narkoba Polres Labuhanbatu Gerebek Lingkungan Perdamean

Advertisement Sepindonesia.com  | LABUHANBATU – Polres Labuhanbatu melalui Satuan Narkoba (Satnarkoba) melaksanakan Gerebek Kampung Narkoba (GKN) dua lokasi yang diduga…

Read More...

Pangdam I/BB Dan Wagubsu Ramaikan BLOT 2023 Bersama 700 Runner

Advertisement Sepindonesia.com | LANGKAT – Bukit Lawang Orangutan Trail (BLOT) 2023 resmi dibuka dari Terminal Atas Bukit Lawang, Kecamatan Bahorok,…

Read More...

Bupati Labura Sepontan  Sumbang 10 Juta Ke Panitia Musda Muhammadiyah

Advertisement Sepindonesia.com| LABUHANBATU –  Bupati Labuhanbatu Utara Hendriyanto Sitorus, S.E., M.M menghadiri Pembukaan Musyawarah Daerah(musda) ke-IV Muhammadiyah dan Aisyiyah ke-III…

Read More...

Jelang Pilpres 2024, PAC PDIP Bilah Hilir Gelar Kordinasi Dan Konsolidasi

Advertisement Sepindonesia.com | LABUHANBATU – Pengurus Anak Cabang (PAC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kecamatan Bilah Hilir Kabupaten Labuhanbatu menggelar…

Read More...

Penggunaan Wisma PTPN III KANAU Rp.9.955.000 Selama 6 Jam

Advertisement Sepindonesia.com | AEK NABARA – Sejumlah wartawan dikejutkan dengan surat yang ditandatangani oleh Manager PTPN III Kebun Aek Nabara…

Read More...

Kapolres Asahan Pimpin Kemenangan Lawan Polres Batu Bara

Advertisement Sepindonesia.com| ASAHAN  – Persahabatan Antar Polres Asahan dan Polres Batu Bara di kemas dalam bentuk pertandingan sepakbola yang di…

Read More...

Respon Keresahan Warga Jalan Tapa, Satres Narkoba Polres Labuhanbatu Gercep

Advertisement Sepindonesia.com | LABUHANBATU  – Mendapat informasi keresahan warga. Sat Narkoba Polres Labuhanbatu yang dipimpin AKP Roberto P Sianturi, SH…

Read More...