IMG_20240126_065658

Bale Huta Tonga, Bangunan Bersejarah Butuh Revitalisasi

IMG_20220409_225418

Sepindonesia.com | HUMBAHAS – Bale Huta Tonga merupakan bangunan bersejarah yang sudah mulai rusak karena termakan usia. Hal ini disampaikan Marnata Hasugian bersama Pengurus Yayasan Pomparan Ompu Rantur Hasugian pada pertemuan dengan Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Parpora) Kabupaten Humbang Hasundutan.

Marnata menyampaikan bahwa maksud dan dan tujuan kunjungan tersebut adalah menginformasikan dan membicarakan seputar situasi Bale Huta Tonga yang saat ini sudah dalam kondisi rusak.

Baca Juga :

Bupati Rapat Koordinasi Pengembangan Tanaman  Jagung Di Humbahas

Pertamina Kepri Jamin Ketersediaan Stok BBM Di Provinsi Kepri

Siti Mira Rachmi Terkejut Atas Kedatangan Bobby Nasution

Disampaikan bahwa bangunan ini berada di Dusun Kuta Jehe, Desa Sihastonga, Kecamatan Parlilitan. Bangunan tersebut memiliki nilai historis yang tinggi namun sudah dalam kondisi rusak karena termakan usia.

Bale Huta Tonga ini berhubungan erat dengan sejarah perjuangan Pahlawan Nasional Raja Sisingamangaraja XII di wilayah Parlilitan. Diperkirakan bahwa bangunan ini sudah berusia ratusan tahun dan lokasinya dianggap sebagai perkampungan mula-mula di wilayah Parlilitan.

“Dalam rangka pelestarian seni budaya serta pembangunan kepariwisataan di wilayah Parlilitan, kami bersedia menjadikan bangunan Bale Huta Tonga sebagai lokasi atraksi pariwisata dan budaya bagi masyarakat umum” ujarnya.

Kadisparpora Humbang Hasundutan menyambut baik kunjungan para pengurus lembaga ini dan menyampaikan bahwa Bangunan Bale Huta Tonga ini merupakan aset budaya yang mahal, Oleh karena itu perlu dilestarikan.

“Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan akan tetap bersinergi dengan masyarakat, khususnya pengurus Yayasan Pomparan Ompu Rantur Hasugian dalam rangka revitalisasi bangunan budaya ini“ ujar Kadisparpora.

Ditambahkannya bahwa informasi tentang bangunan dan lokasi bangunan ini perlu dituliskan dengan baik agar masyarakat luas mengetahui sejarah dan nilai-nilai luhur dari bangunan ini.

“Kami akan berkoordinasi dengan pihak Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan juga dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi melalui Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Aceh, kiranya bangunan ini mendapat perhatian dari berbagai pihak agar dapat direvitalisasi dengan baik” tutup Kadisparpora.

Pada kesempatan itu juga, pihak Dinas Parpora Humbang Hasundutan langsung menghubungi pihak Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Aceh. Dilaporkan bahwa di Kecamatan Parlilitan, Kabupaten Humbang Hasundutan terdapat sebuah bangunan bersejarah yang digolongkan sebagai Objek Yang Diduga Cagar Budaya (ODCB) dan saat ini kondisinya sudah rusak.

Pihak BPCB Aceh, Bapak Adi menyampaikan agar bangunan tersebut didaftarkan terlebih dahulu sebagai Objek Yang Diduga Cagar Budaya di tingkat kabupaten. Dibuatkan proposal permohonan revitalisasi bangunan, yang memuat tentang: sejarah, material bangunan, foto perkakas yang terdapat di dalam bangunan, fungsi bangunan (dahulu, kini dan akan datang), status kepemilikan (lahan/bangunan), titik koordinat, surat persetujuan revitalisasi (pemilik, tetangga, pemerintah setempat), kondisi saat ini, estimasi biaya revitalisasi. Proposal diajukan (Biano Tamba /Red)

pt sep gambar

Polsek Panai Hilir Berhasil Meringkus Maling Rumah

Sepindonesia.com| LABUHANBATU – Pelaku pencurian pemberatan dengan cara membongkar rumah berhasil diungkap oleh Kanit Reskrim Polsek Panai Hilir IPDA DP….

Read More...

Kasad Pimpin Sertijab 7 Jabatan Strategis TNI AD Dan Penyerahan Jabatan Ka RSPAD

Sepindonesia.com | JAKARTA –  Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., menerima penyerahan jabatan kepala Rumah Sakit…

Read More...

Sat Brimob Polda Sumut Laksanakan Bakti Sosial

Sepindonesia.com | MEDAN – Sat Brimob Polda Sumut melaksanakan Bakti Sosial (Baksos) kepada Persatuan Tunanetra Indonesia yang membutuhkan dalam rangka…

Read More...

SDM Polres Sergai  Verifikasi Penerimaan Calon Taruna Akpol, Bintara, dan Tamtama Polri 

Sepindonesia.com  | SERGAI – Kegiatan yang dipimpin Kabag SDM Polres Sergai Kompol SP Anak Ampun ini dilaksanakan menindaklanjuti surat perintah…

Read More...

Panglima TNI Hadiri Rapat Koordinasi Di Kemenkopolhukam

Sepindonesia.com | JAKARTA – Panglima TNI Jenderal TNI, Agus Subiyanto menghadiri rapat koordinasi membahas perkembangan situasi di Papua dan rapat…

Read More...

Gawat !!! Diduga Oknum Kepala Dusun Menjadi Provokator   Untuk Menutup Jalan Perkebunan 

Sepindonesia.com | LABUHANBATU – Gawat  oknum Kepala Dusun Kampung Selamat Desa Kampung Padang Kabupten Labuhanbatu Sumatera Utara diduga menjadi provokator…

Read More...

Bupati Asahan Batalkan Pelantikan Kepala UPTD

Sepindonesia.com, Asahan | Sebanyak 50 orang Kepala UPTD TK, SD, SMP dan Kepala SPNF SKB Negeri di Lingkungan Dinas Pendidikan…

Read More...

Program “Bolo Labuhanbatu” Belum Menyentuh Kota Aek Nabara

Sepindonesia.com | LABUHANBATU – Program unggulam Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Labuhanbatu belum menyentuh kota Aek Nabara di bidang penanganan dan pengelolaan…

Read More...

Bupati Karo Launching Podcast ORATI

Sepindonesia.com | KARO – Dalam upaya meningkatkan keterlibatan masyarakat dan memberikan wadah untuk berbagi informasi, Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang…

Read More...