IMG_20240126_065658

Adanya Kasus Polio CVPV2, Pemkab Labuhanbatu Melaksanakan Sub Pin Polio

IMG_20230213_223021

Sepindonesia.com | LABUHANBATU – Sehubungan dengan ditemukannya kasus polio CVDPV2 di Kabupaten pidie Aceh pada awal November 2022 maka perlu dilaksanakan penanggulangan kejadian luar biasa (KLB), salah satunya yang dilakukan pemerintah Kabupaten Labuhanbatu pada hari Senin (13/2/2023) di Posyandu rambutan Kelurahan Urung Kompas Kecamatan Rantau Selatan, yakni melaksanakan Sub Pin Polio pada anak usia 0-59 bulan.

Pemberian tetes polio tersebut disaksikan langsung oleh ketua tim penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu dr.Hj.Maya Hasmita,S.POG, MKM, Kepala Dinas Kesehatan H. Kamal Ilham S.K.M, MM, Camat Rantau Selatan Azhar Rambe, para lurah se-Kecamatan Rantau Selatan, Kapus Sigambal, dan PKK Kecamatan Rantau Selatan.

Ketua TP.PKK Labuhanbatu, dr.Hj.Maya Hasmita dikesempatan itu menyampaikan hasil dari audiensi pelaksanaan sub PIN polio pada tanggal 18 januari 2023 di rumah dinas Gubernur Sumatera Utara, Badan Kesehatan Dunia (WHO), komite ahli imunisasi nasional dan komite ahli era dikasih folium merekomendasikan untuk dilakukan perluasan wilayah pelaksanaan sub tim ke Provinsi Sumatera Utara yang berbatasan atau berdekatan dengan Aceh dan dikategorikan berisiko tinggi berdasarkan hasil risk assessment.

Imunisasi polio adalah nama umum untuk penyakit poliomyelitis dari bahasa Yunani yang berarti peradangan tulang belakang, dulu orang-orang menjemputnya sebagai penyakit kelumpuhan anak-anak. Menurut penelitian who pada tahun 2018, Indonesia tergolong berisiko tinggi dalam penyebaran polio. Salah satu cara memberantas penyakit ini adalah dengan imunisasi anak menggunakan vaksin anak polio.ujar dr.Maya.

Baca Juga :

KPU Labuhanbatu ‘Dituding’ Gagal Melaksanakan Tugas dan Tanggung Jawabnya

Diduga Konsumsi Narkoba, Anak Dibawah Umur Diamankan Polisi 

Imunisasi anak polio bermanfaat untuk menguatkan imunitas anak terhadap virus polio. Vaksin anak dapat menekan resiko tertulasi virus polio hingga dewasa. Sasaran sup pekan imunisasi nasional polio di Labuhanbatu adalah anak usia 0 sampai 59 bulan sebanyak 50.628 anak.sebutnya.

Di akhir pidatonya dokter Maya menghimbau Kepada seluruh masyarakat Labuhanbatu dan yang berhadir di lokasi Untuk menginformasikan tentang pelaksanaan Sub PIN Polio, menggerakkan masyarakat yang mempunyai anak berumur 0 sampai 59 bulan untuk hadir di pos imunisasi yang telah ditetapkan di tiap-tiap desa, membantu petugas kesehatan maupun kader kesehatan dalam melaksanakan imunisasi polio dan memastikan bahwa seluruh anak usia 0 sampai 59 bulan telah mendapat vaksin imunisasi polio.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten labuhanbatu, H.Kamal Ilham SKM, MM, menyebutkan pelaksanaan sub pin ini dilaksanakan sebanyak dua putaran, putaran pertama dilaksanakan pada bulan Februari dan putaran kedua dilaksanakan pada bulan Maret 2023.

Jadi setiap anak mendapatkan dua tetes folio dalam setiap putaran, pelaksanaan sub pin periode pertama dilaksanakan selama Sabtu Minggu dimulai tanggal 13 sampai dengan 19 Februari 2023 dan selama pelayan seluruh pos imunisasi wajib dibuka selama jadwal tersebut.ucap Kamal.

Kepala Dinas Kesehatan juga menyampaikan dasar pelaksanaan pemberian pin polio ya itu karena terjadi KLB polio di Provinsi Aceh, maka wajib untuk dilakukan pencegahan seumur dengan melaksanakan imunisasi polio 2 tetes setiap anak pada usia 0 sampai 59 bulan.

Diakhir kesempatan,H. Kamal menghimbau kepada tim penggerak PKK untuk mensukseskan pin polio, ” bawa anak Anda yang berusia 0 sampai 59 bulan ke Posyandu terdekat, polio tidak dapat diobati tapi dapat dicegah dengan dua tetes imunisasi, Indonesia bebas polio bersama kita bolo Labuhanbatu” pungkasnya.

Selain memberikan tetes imunisasi, disitu tim tenaga kesehatan memberikan tambahan makanan bergizi kepada puluhan anak yang hadir mengikuti imunisasi.(Red)

pt sep gambar

Plt. Bupati Buka Musrenbang RPJPD Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2025 – 2045

Sepindonesia.com | LABUHANBATU – Pelaksana Tugas Bupati Labuhanbatu Hj. Ellya Rosa Siregar, S.Pd., MM. membuka Musyawarah Rencana Pembangunan Rencana Pembangunan…

Read More...

Dandim 0203/Langkat Dan Commader Of 2ND People Defence Force AD Singapura Panen Jagung Bersama

Sepindonesia.com | LANGKAT –  Guna mendukung program ketahanan pangan (Hanpangan) yang gencar dilakukan TNI AD khususnya Kodim 0203/Langkat Korem 022/PT…

Read More...

Penyerahan Berkas Bantuan Orang Sakit dan Audensi GPS Bersama BAZNAS Asahan

  Sepindonesia.com | ASAHAN – GPS (Gerakan Peduli Sesama) menyerahkan Berkas Bantuan orang sakit ke BAZNAS Asahan, sekaligus melakukan Audensi…

Read More...

Terkait Pemberitaan Ijazah, Meidi Pontoh Angkat Bicara.

  Sepindonesia.com | BOLMUT  – Meidi Pontoh pilihan rakyat yang sebentar lagi akan dilantik menjadi anggota DPRD Bolaang Mongondow Utara…

Read More...

Polres Patroli Antisipasi Demo Penolakan Putusan MK 

  Sepindonesia.com | LABUHANBATU – Polres Labuhanbatu melaksanakan Patroli antisipasi penolakan hasil sidang pleno Mahkamah Konstitusi (MK) terkait pengucapan putusan…

Read More...

Diduga Sudah Bayar Upeti 34 Guru di Asahan Batal Dilatik Jadi Kepala Sekolah

Sepindonesia.com, Asahan | Dari Portal Asahan pada tanggal 19 April 2024, Bupati Asahan H Surya,BSc  melalui juru bicaranya Kepala Dinas Kominfo H Syamsuddin…

Read More...

Zaid Harahap Ingatkan ASN Untuk Lebih Disiplin

Sepindonesia.com | LABUHANBATU – Zaid Harahap, S.Sos., MM., selaku asisten III Sekdakab Labuhanbatu mengingatkan kepada seluruh Pegawai Negeri Sipil di…

Read More...

Danrem 031/WB Tandatangani Perjanjian Kerjasama Dengan PT. Pertagas

Sepindonesia.com | PEKANBARU – Danrem 031/Wira Bima, Brigjen TNI Dany Rakca S.A.P., M.Han melaksanakan penandatanganan perjanjian kerja sama antara PT….

Read More...

Kasad Terima Kunjungan Kehormatan Danjen USARPAC

Sepindonesia.com | JAKARTA – Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Maruli Simanjuntak M.Sc menerima kunjungan kehormatan Commanding General United…

Read More...