IMG_20240126_065658

Bupati Labuhanbatu Mengikuti Rapat Program Pemberantasan Korupsi

IMG_20230321_190041

Sepindonesia.com | LABUHANBATU – Bupati Labuhanbatu dr. H. Erik Adtrada Ritonga, MKM dan Wakil Bupati Labuhanbatu Hj. Ellya Rosa Siregar, S.Pd. MM didampingi Wakil Ketua DPRD Abdul Karim Hasibuan mengikuti Secara Virtual Rapat Koordinasi Pimpinan Kementerian/Lembaga Program Pemberantasan Korupsi Pemerintah Daerah dan Peluncuran Indikator MCP Tahun 2023 Di ruang rapat Kantor Bupati, Selasa (21/3/2023).

Kegiatan rapat koordinasi tersebut diikuti oleh Gubernur, Bupati dan Walikota, Ketua DPRD, Sekda, dan Kementerian/Lembaga se Indonesia.

Dengan tema “Penguatan Sinergi Pencegahan Korupsi Sektor Perijinan dan PBJ Pemerintah Menjelang Tahun Politik”. Kegiatan rapat koordinasi tersebut dibuka oleh ketua KPK RI Firli Bahuri.

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mengatakan tujuan bangsa kita sudah diamanatkan pada UUD Tahun 1945, itu sulit terwujud jika kita tidak berkomitmen dalam memberantas korupsi.

“Korupsi merampas hak hak masyarakat dan hak generasi masa depan,” ucapnya.

Dalam Forum tersebut. Firli Bahuri pun meminta kepada saudara – saudara yang diberikan amanah dari rakyat, untuk tidak melakukan tindak pidana korupsi. Agar tujuan bangsa kita dapat terwujud.

Ia, pun berharap bahwa suatu saat korupsi itu adalah masa lalu dan kita akan hidup dalam suatu peradaban dunia yang bebas dan bersih dari korupsi.

Deputi Bidang Koordinasi dan Supervisi Didik Agung Widjanarko dalam laporannya mengatakan bahwa pemberantasan korupsi daerah dapat dicapai dengan tata kelola pemerintahan yang baik dan tentunya perlu dukungan dari rangkaian perangkat pemerintah daerah agar bisa berjalan beriringan dan sejalan.

melalui acara hari ini diharapkan bisa menjadi tonggak pencegahan korupsi daerah, bisa memperkuat komitmen pemerintah daerah dan juga bisa membentuk sinergi dan kerja sama dengan kementerian/lembaga instansi terkait.

Sementara, Sekretaris Menteri Dalam Negeri (Mendagri) DR. H. Suharjar Diantoro, M.Si menjelaskan bahwa banyak strategi yang sudah dilakukan pemerintah untuk bisa memberantas korupsi, mulai dari penindakan, pencegahan dan juga pendidikan.

Mendagri juga sudah berkolaborasi dan bersinergi dengan KPK, Kementerian/Lembaga terkait. melalui delapan area intervensi yaitu Perencanaan dan Penganggaran APBD, Pengadaan Barang dan Jasa, Perizinan, Penguatan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP), Manajemen ASN, Optimalisasi Pajak Daerah, Manajemen Aset Daerah dan terakhir, Tata Kelola Keuangan Desa.

Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Muhammad Yusuf Ateh mengatakan modus kecurangan sudah semangkin kompleks, penguatan pencegahan korupsi di daerah sangatlah penting karena resiko integritas terdapat pada seluruh area strategis.

“Intinya, kerja sama dan kemauan untuk bisa menuju yang baik lagi agar kita semua dapat bersama – sama memberantas korupsi di Indonesia,” Ujarnya.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan kerja sama antara KPK dengan Mendagri dan BPKP, mengenai implementasi pengelolaan MCP.

Turut Hadir pada Virtual tersebut Staf Ahli Bupati Jumingan dan Hamdi Erazona, Para Asisten, Pimpinan OPD, Kepala Inspektorat Arlan T. Ritonga dan Tamu Undangan Lain.(Red)

pt sep gambar

Polsek Teluk Mengkudu Mengamankan Diduga  Pelaku Pencurian Dinamo Kincir

Sepindonesia.com |  SERGAI – “Pelaku AP diamankan Senin (20/5/2024) sekira pukul 09.30 WIB dari tempat persembunyiannya di ladang cabai milik…

Read More...

PTB Dukung Pemulihan Perekonomian Nasional Di Sektor Transportasi

Sepindonesia.com | BATANG – Ketua Umum Paguyuban Travel Batang (PTB) Jawa Tengah bersyukur atas penyelenggaraan Pemilu 2024 yang aman dan…

Read More...

Pemkab Karo Peringati Harkitnas ke 116 

Seindonesia.com | KARO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo bersama Forkopimda Karo Peringati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke- 116 bertempat di…

Read More...

Bupati Buka Acara MTQ Nasional

Sepindonesia.com | LABUHANBATU – Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang membuka acara Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke-22 Tingkat Kabupaten Karo…

Read More...

Kembali, Calon Jama’ah Haji Labuhanbatu Akan Gunakan Kereta Api Ke Embarkasi Medan

Sepindonesia.com| LABUHANBATU – Setelah ditandatanganinya MOU atau perjanjian kerjasama antara pemerintah Kabupaten Labuhanbatu dengan PT. Kereta Indonesia, resmi calon jama’ah…

Read More...

Polres Labuhanbatu Banjiri Apresiasi Atas Pemberantasan Narkoba

  Sepindonesia.com | LABUHANBATU –  Puluhan papan bunga berisikan apresiasi terhadap kinerja Polres Labuhanbatu dalam memberantas narkoba, dari Forkopimda dan…

Read More...

Aksi Ahli Waris Wullur Mendapat Perlawanan Dari PT Thengo Karya Samudra

  Sepindonesia.com | BITUNG – Penutupan pintu PT. THENGO KARYA SAMUDERA oleh ahli waris keluarga wullur dicegah pihak perusahan dengan…

Read More...

Panglima TNI Sambut Kedatangan Jokowi Dalam Rangka Jalannya KTT World Water Forum 2024

Sepindonesia.com | BALI – Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyambut kedatangan Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo beserta rombongan…

Read More...

Dua Pengedar Sabu Di Desa Pangkal Lunang Di Ciduk Personil Polres Labuhanbatu 

  Sepindonesia.com | LABURA – Kanit I Opsnal Satres Narkoba Polres Labuhanbatu Ipda Rahmadhan Hilal bersama empat orang anggotanya berhasil…

Read More...