IMG_20240126_065658

Desa Wisata Dapat Mendongkrak Prekonomian Nasional

IMG_20211112_161205

Sepindonesia.com | HUMBAHAS – Visitasi 50 Desa Wisata Terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021Desa Wisata Tipang, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara.

Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 merupakan salah satu program pengembangan kepariwisataan Indonesia yang sedang digalakkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.
Dengan mengangkat tema “Indonesia Bangkit”.

Program ini diharapkan mampu mewujudkan visi “Indonesia sebagai Negara Tujuan Pariwisata Berkelas Dunia, Berdaya Saing, Berkelanjutan dan Mampu Mendorong Pembangunan Daerah dan Kesejahteraan Rakyat”.

Sebanyak 1831 desa wisata dari seluruh Indonesia telah mendaftarkan desa mereka, jumlah ini melebihi target awal Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) yang hanya 700 peserta. Setelah kegiatan Bimtek & Workshop Online yang berlangsung sejak tanggal 22 Juli hingga 30 Juli 2021, serta proses kurasi yang dilakukan para ahli dan profesional. Terpilihlah 300, 100 hingga akhirnya pada tanggal 23 Agustus 2021, terpilihlah 50 Desa Wisata Terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021.

Rangkaian visit 50 Desa Wisata Terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021, dimulai pada bulan Agustus hingga November 2021.

Program Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan menyelenggarakan acara “Visitasi Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021” dengan tema “Indonesia Bangkit” pada:
Hari/ Tanggal : Selasa, 9 November 2021
Durasi : 120 menit (Seratus Dua Puluh Menit) Pukul 15:15 – 17:15 WIB
Tempat : Desa Wisata Tipang, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara Desa Wisata Tipang terletak di kecamatan Bukitraja, Kabupaten Humbang Hasundutan, Provinsi Sumatera Utara dengan jarak dan waktu tempuh dari Bandar Udara Internasional Silangit yaitu 48.6 Km atau sekitar 1 Jam 24 Menit.

Secara topografis terletak pada ketinggiaan 900 s/d 1200 meter diatas permukaan air laut dan memiliki luas wilayah kurang lebih 500 Ha. Desa Tipang juga menjadi salah satu desa perbatasan antara Kabupaten Humbang Hasundutan dengan Kabupaten Toba Samosir.

Dalam paparannya, ketua pokdarwis menjelaskan 7 kategori penilaian dan potensi-potensi desa wisata Tipang, Salah satunya adalah Sanggar DELLOID.Berdiri dari tahun 2019, sanggar seni Dalloid adalah satu-satunya sanggar yang ada di Desa Wisata Tipang. Berawal dari kesadaran bahwa semakin sedikit anak muda di Desa Tipang yang tidak bisa memainkan alat musik tradisional, sehingga alat-alat musik pun menjadi usang karena tidak lagi dimainkan. Acara-acara adat pun selalu mendatangkan pemusik dari luar Desa Tipang. Maka dari itu, pembina sanggar Dalloit, Martunas Siburian ingin melestarikan alat musik khas batak seperti Taganing, Suling, Garangtung, dan Hasapi. Sanggar Dalloid tidak hanya mengajarkan anak-anak generasi penerus tentang cara memainkan alat musik, dan tarian saja. Tapi juga mengajarkan cara membuat alat musik tradisional, sehingga menjadi kemampuan yang berguna untuk anak-anak. Alat musik taganing yang diproduksi sanggar Dalloid contohnya, sudah dipasarkan dari Jakarta, sampai Solo. Namun masih ada keterbatasan dalam hal alat pertukangan yang dipakai dalam membuat alat musik, masing-masing hanya ada satu item, maka dari itu ketua Pokdarwis meminta bantuan Mas Menteri untuk mendukung dan menyemangati anak-anak muda yang tidak menyerah, berupaya agar alat musik tradisional khas batak tetap menyala.

Tujuan acara ini adalah untuk menilai 50 desa wisata indonesia terbaik, yang sudah terpilih melalui proses kurasi. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, bersama para juri yang merupakan para profesional diberbagai bidang akan mengunjungi dan menilai 50 Desa Wisata Terbaik berdasarkan 7 kategori di Adwi 2021. Kategori tersebut antara lain:
1. Kategori Homestay
2. Kategori CHSE
3. Kategori Toilet
4. Kategori Konten kreatif
5. Kategori Suvenir (Kriya, Fesyen, Kuliner)
6. Kategori Daya Tarik Wisata
7. Kategori Desa Digital

Acara Visitasi Visitasi 50 Desa Wisata Terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia
2021ini dilakukan langsung oleh Bapak Sandiaga Salahuddin Uno, selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama Doto Yogantoro – Direktur Desa Wisata Institutedan I Made Wena – Dosen Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Rangkaian kegiatan ini diharapkan dapat menjadi daya ungkit bagi ekonomi desa dan sebagai wahana promosi untuk menunjukkan potensi desa – desa wisata di Indonesia kepada wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara, serta mendorong daerah untuk dapat menciptakan desa wisata – desa wisata baru di wilayahnya yang dapat membangkitkan ekonomi desa. Menjadikan desa wisata sebagai Pariwisata Berkelas Dunia, berdaya saing, berkelanjutan dan mampu mendorong Pembangunan Daerah dan Kesejahteraan Rakyat.
Terkumpulnya database/ update informasi dari desa wisata yang mendaftar dan ikut berpartisipasi dalam acara ini. Hal ini dikarenakan pengisian pendaftaran anugerah desa wisata ini akan disinkronisasikan dengan sistem Jejaring Desa Wisata (Jadesta) yang saat ini sedang dikembangkan.
Meningkatkan pengembangan desa wisata baru dan memberikan suguhan menarik kepada wisatawan mancanegara ataupun wisatawan domestik melalui desa-desa wisata di Indonesia.
(Humas/Red).

pt sep gambar

Gunakan Satelit, Polda Sumut Temukan 5 Hektar Ladang Ganja 

  Sepindonesia.com | MADINA – Tim Satgas ladang ganja Polda Sumut menemukan ladang ganja di kawasan Pengunungan Tor Sihite, Desa…

Read More...

Pemkab Karo Gratiskan Biaya Retribusi Pemakaman Umum Salit

Sepindonesia.com | KARO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Perkimtan) Kabupaten Karo, gratiskan biaya…

Read More...

Kapolres Tanah Karo Bersama Forkopimda Lepas Calon Jemaah Haji

Sepindonesia.com | KARO  – Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Karo, melepas calon jemaah haji di Masjid Agung Kabupaten Karo,…

Read More...

Plt. Bupati Ajak Masyarakat Untuk Mensukseskan Program Bangga Kencana

Sepindonesia.com| LABUHANBATU – Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Bencana (DP2KB) menggelar acara Pencanangan Bulan Bhakti Sosial…

Read More...

Plt. Bupati Apresiasi Pelantikan 45 Anggota PPK se-Kabupaten Labuhanbatu

Sepindonesia.com | LABUHANBATU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Labuhanbatu melantik dan melaksanakan pengambilan sumpah janji Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK)…

Read More...

Plt. Bupati Labuhanbatu : Jaga Marwah Pilkada

Sepindonesia.com | LABUHANBATU – Pilkada serentak sebentar lagi dilaksanakan, proses dan tahapan juga mulai dilakukan, mengingat pentingnya kondusifitas masa politik…

Read More...

Kampak Merah Putih Tagih  Plasma Untuk Masyarakat

Sepindonesia.com | JAKARTA  – Komunitas Aksi Mahasiswa Pemuda Anti Korupsi (KAMPAK) Merah Putih hari ini melakukan aksi unjuk rasa didepan…

Read More...

Kodam I/BB Segera Bangun 5 Jembatan Bailey Di Kabupaten Agam

Sepindonesia.com | AGAM – Kodam I/Bukit Barisan bersama satuan jajarannya di wilayah Korem 032/Wirabraja akan segera membangun lima unit jembatan…

Read More...

LBH AAIR Mendampingi Korban Asusila Anak Dibawah Umur 

Sepindonesia.com | JAKARTA, – AS (25), seorang pemuda bertato di lengan tangan kanannya di Kapuk Muara Kecamatan Penjaringan, dilaporkan ke…

Read More...